6 Langkah Mudah Mengganti Kusen Jendela

Ketika akan membangun sebuah bangunan, pastinya kita tidak hanya memikirkan keindahan interior sebuah bangunan. Keindahan eksterior pun juga harus diperhatikan. Selain cat dinding dan tanaman, ternyata ada bagian lain yang bisa menambah keindahan eksterior sebuah bangunan, yaitu kusen jendela. Kusen yang bersih serta memiliki bentuk lebih modern membuat tampilan bangunan tampak indah dan sehat. Kusen sendiri bisa di bentuk menjadi beberapa bentuk furniture, mulai dari pintu, jendela atau bentuk furniture lainnya.

Saat ini memperindah tampilan jendela melalui bentuk kusen pun mulai menjadi tren bagi beberapa hotel di luar negeri maupun di Indonesia. Bahkan beberapa hotel rela melakukan renovasi pada jendela hotel mereka. Mereka mengganti kusen jendela dari kayu menjadi aluminium karena dirasa lebih mudah diganti dibandingkan kusen kayu. Renovasi hotel ini diharapkan dapat meningkat pengunjung hotel.

 

Langkah – Langkah Penggantian Kusen Pada Jendela

Bagi beberapa orang, penggantian kusen pada jendela tidak mudah. Alasannya ialah terdapat beberapa step atau tahapan yang harus dilewati. Sehingga mereka berpikir jika pergantian kusen ini harus dilakukan oleh orang berpengalaman untuk mendapatkan hasil maksimal. Dikarenakan ada statement seperti itu di sekitar masyarakat, membuat banyak pengusaha hotel yang sedang melakukan renovasi pada hotel memutuskan untuk menyewa jasa kontraktor. Selain untuk mengefisiensikan waktu, mereka berharap jika dikerjakan oleh tangan professional akan mendapat hasil yang maksimal.

Namun tahukah Anda jika pada dasarnya cara mengganti kusen sebenarnya cukup sederhana dan mudah ? Proses penggantian ini bisa Anda dilakukan sendiri bersama seorang tukang. Oleh karena itu, artikel ini mencoba merangkum langkah – langkah dalam mengganti kusen aluminium :

  1. Persiapkan bahan serta alat – alat yang dibutuhkan dalam mengganti kusen aluminium. Bahan yang dibutuhkan adalah hardboard, sekrup fisher, engsel, sealant, baut dynabolt, dan aluminium. Sedangkan peralatan kerja yang diperlukan yaitu cutting well atau yang biasa dikenal dengan gergaji gerinda, waterpass, meteran, cutter, selang air, reevet gun sealant, dan unting – unting.

Jika Anda tidak memiliki bahan serta alat seperti di atas, Anda bisa meminjam dari tukang yang sudah ahli dalam pemasangan kusen.

  1. Langkah kedua adalah copot kusen jendela yang sudah rusak atau kusen yang ingin diganti menggunakan alat – alat yang sudah di persiapkan sebelumnya.
  2. Langkah ketiga adalah mengukur kusen sesuai ukuran yang diperlukan. Lakukan pengecekan pada kesikuan kusen menggunakan waterpass, jika belum sesuai maka bisa diganjal dengan hardboard sehingga tahan lama dan kuat. Lalu sambungkan kusen serta bingkai aluminium menggunakan sekrup galyanis.Setelah itu lindungi dengan blue sheet (isolasi biru).

Informasi tambahan : isolasi biru ini bisa di lepas jika pemasangan jendela pada kusen sudah selesai dikerjakan.

  1. Agar kusen bisa menempel dengan baik maka Anda harus menghaluskan bagian dalam dinding agar lebih rapi. Caranya adalah dengan memasang plester dan aci untuk membuat permukaan dinding lebih simetris dan rata. Jangan lupa melubangi dinding sekitar 10 – 15 mm untuk penanaman kusen dalam dinding.
  2. Langkah ke lima pasang kusen pada dinding yang sudah di lubangi menggunakan sekrup fisher. Hal ini berfungsi untuk memperkuat dan menahan dudukan kusen. Setelah itu, gunakan penutup karet pada sekrup fisher agar lebih rapi.
  3. Langkah terakhir adalah memasang jendela pada kusen yang sudah di pasang pada dinding. Namun sebelumnya, sediakan engsel yang sudah di tanam pada salah satu sisi kusen dengan alat penggantung engsel yang disekrupkan ke kusen.

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *