Engsel, Si Kecil Dengan Berbagai Jenis yang Memiliki Segudang Fungsi!

Engsel merupakan komponen kecil yang memiliki fungsi penting terutama untuk kinerja pintu anda. Ya, dengan engsel inilah maka pintu anda dapat dibuka dan ditutup dengan mudah. Biasanya bahan pembuat engsel yang banyak digunakan adalah yang terbuat dari campuran kuningan plastik atau logam. Engsel ini pun memiliki jenis dan variasi yang beranake ragam, jadi anda jangan berpikir jika jenis engsel ini hanya satu saja. Intinya, engsel ini keberadaannya sungguh memiliki fungsi yang benar-benar dibutuhkan, bayangkan saja pintu anda dengan harga jutaan sekalipun jika tidak dilengkapi engsel maka tidak akan bisa digunakan.

Berbagai Jenis Engsel Pintu yang Banyak Digunakan

Simak berbagai jenis engsel yang masing-masing memiliki tugas tersendiri sebagai pelengkap yang “harus ada” untuk pintu anda!

  1. Engsel Kupu-kupu, jenis engsel yang satu ini memiliki bentuk yang mirip seperti kupu-kupu oleh karena itu banyak disebut sebagai engsel kupu-kupu. Engsel yang satu ini terbuat dari logam kuningan dan biasanya memiliki karakteristik yang tipis. Sehingga banyak orang yang menggunakannya sebagai sambungan antara pintu dan daun pintu, namun anda perlu perhatikan karena karakteristiknya yang tipis maka pintu yang digunakan pun harus memiliki ukurannya yang ringan. Salah satu jenis pintu yang paling banyak menggunakan jenis engsel ini adalah pintu upvc. Pintu ini dapat anda peroleh di toko pintu dan biasanya harga pintu upvc cenderung terjangkau.
  2. Engsel Pintu Sendok, jenis yang satu ini rata-rata diaplikasi untuk pintu lemari tapi tidak menutup kemungkinan dapat digunakan untuk pintu pada rumah anda. Bentuk engsel jenis ini pun terbagi dua yaitu jenis bengkok dan jenis lurus, untuk jenis lurus dapat diaplikasikan pada pintu rumah dan engsel bengkok pada pintu untuk furniture seperti lemari.
  3. Engsel Piano, dikatakan seperti piano karena struktur engsel ini yang menyeruoai piano pada umumnya. Biasanya terbuat dari logam tipis dan banyak diaplikasikan untuk furniture seperti lemari.
  4. Engsel Pintu Bubut, jika anda memiliki jenis pintu dengan bobot yang berat maka engsel ini adalah salah satu yang dapat anda gunakan sebagai penghubung antara pintu dan daun pintu. Karakteristik engsel ini berbeda dengan rata-rata engsel lainnya, karena jenis ini memiliki bentuk seperti tabung dan lubang di tengahnya.
  5. Engsel Panel, hampir sama dengan engsel kupu-kupu namun bedanya engsel jenis ini lebih tebal dan dapat diaplikasi untuk menopang pintu yang memiliki bobot yang berat.
  6. Engsel Pintu Patrom, engsel ini memiliki bentuk menyerupai huruf “H”. Terbuat dari logam dan memiliki bobot yang ringan adalah karakteristik lainnya dari engsel jenis patrom. Biasanya jenis engsel ini banyak digunakan untuk jendela rumah. Namun, ada beberapa juga yang menggunakannya untuk pintu rumah.
  7. Engsel Pintu Gudang, dari namanya saja anda pasti sudah menebak engsel ini biasa digunakan dimana. Engsel jenis ini dari segi kekuatannya tidak perlu diragukan karena terbuat dari baja, bentuknya pun berbeda dari jenis lainnya yaitu panjang dan mengerucut. Untuk pengaplikasiannya biasanya untuk pintu gudang, garasi atau pintu pagar

Jenis engsel diatas tersebut memiliki karakteristik dan fungsi penggunaan yang sesuai dengan jenisnya. Terkadang bahkan beberapa jenis engsel yang banyak dijual dipasaran seperti engsel kupu-kupu tidak hanya dijual terpisah saja namun juga bisa langsung bersama dengan pintunya seperti pintu upvc, ini dapat anda temui di toko yang jual pintu upvc.

Jika anda sudah mengetahui berbagai jenis engsel pintu yang tersedia maka anda dapat mempertimbangkan akan menggunakan jenis apa nantinya. Selamat mencoba!

 

See more:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *