Tata Ruang Ventilasi Dapur

Tips Tata Ruang Ventilasi Dapur Supaya Tidak Berbau

​​​​Ide Dapur Sehat

Dapur merupakan bagian terpenting yang ada didalam rumah atau apartemen. Dengan adanya dapur, membuat Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seperti memasak, mencuci piring atau berkreasi untuk membuat kudapan lainnya. Tentu saja dapur yang sehat, harus memiliki tata ruang yang bagus supaya udara yang berada di dalam dapur dapat mengalir dengan baik. Ada beberapa tips ventilasi  dari kontraktor ME yang bisa diterapkan, supaya dapur Anda bebas dari bau tak sedap.

Jangan Lupa Membuat Jendela

Jendela jika boleh dikatakan itu seperti ‘hidung’ untuk rumah atau apartemen, dimana berfungsi untuk menghirup dan menghembuskan udara. Coba Anda bayangkan, kalau rumah tanpa jendela pastinya udara akan terasa sangat pengap dan tidak segar karena tidak ada pergantian udara yang baik. Oleh karena itu, apabila Anda ingin membuat dapur lebih nyaman alangkah baiknya meletakkan jendela di sekitar dapur Anda. Misalnya seperti, letak jendela berada di samping kompor atau berada di depan tempat pencuci piring.

Membuat Atap / Plafon Lebih Tinggi

Apabila plafon atau atap rumah Anda terlalu pendek, bisa membuat rumah terkesan lebih panas karena sirkulasi udara tidak mengalir dengan baik. Dengan membangun plafon lebih tinggi seperti yang disarankan oleh kontraktor hvac, bisa membuat udara masuk lebih banyak sehingga dapur tidak berbau dan aliran udara dapat berganti dengan baik.

Memperhatikan Letak Dapur

Letak Dapur

Orang biasanya mengabaikan letak dari dapur rumah mereka. Padahal letak tersebut sangat berpengaruh terhadap tingkat kenyamanan dapur yang akan dibangun. Sebelum membuat sebuah dapur, terlebih dahulu perhatikan arah matahari terbit dan tenggelam. Hal itu akan menentukan dimana seharusnya letak kompor dan pencuci piring berada. Sebaiknya Anda membangun tempat pencuci piring di arah matahari tenggelam (sebelah barat), karena ketika matahari akan mulai tenggelam kondisi udara bertambah panas. Oleh karena itu, Anda harus mensiasatinya dengan meletakkan pencuci piring di sebelah barat supaya panas dari udara tidak terlalu banyak terserap di dapur.

Memanfaatkan Cookerhood

Apa sebenarnya cookerhood itu? Cookerhood merupakan sebuah alat yang berbentuk menyerupai cerobong asap, yang berguna untuk menyerap bau dan udara yang disebabkan akibat aktivitas memasak. Alat ini biasa diletakkan di bagian atas kompor dan dipasang pada plafon rumah.

Memperhatikan Letak Saluran Air

Sebelum membangun dapur impian, alangkah baiknya mengetahui sumber air  dan arah pembuangan yang akan digunakan untuk saluran air pada dapur. Jangan sampai saluran air yang dipakai menjadi tersumbat dan menyebabkan pembuangan menjadi tidak lancar, sehingga dapur berbau tidak sedap.

Memanfaatkan Exhaust Fan

Exhaust fan merupakan alat elektronik yang biasa digunakan oleh kontraktor ME sebagai pengganti jendela, supaya aliran udara tetap segar. Akan tetapi, alat ini juga bisa digunakan pada dapur walaupun sudah memiliki banyak jendela. Exhaustfan bisa diletakkan pada dinding atau plafon rumah tergantung dengan kebutuhan Anda.

Memiliki dapur yang nyaman dan segar merupakan impian banyak orang. Oleh karena itu, kontraktor hvac menyarankan supaya tata ruang pada dapur tidak boleh sembarangan karena akan mempengaruhi tingkat kenyamanan ketika memasak. Dapur yang sehat memiliki sirkulasi udara yang lancar, tidak berbau dan tidak lembab.

Kebanyakan orang membangun dapur dengan asal – asalan saja tanpa memperhatikan tata ruang yang baik dan benar. Hal ini sebenarnya sangat berbahaya, karena bisa menyebabkan keracunan yang disebabkan sirkulasi udara pada dapur tidak lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *